Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2019

Dampak Nyata Pengabdian Perguruan Tinggi Membangun Negeri

Keywords: preface, conference, community service, impact

Abstract

Puji dan syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, Prosiding ini dapat diselesaikan dengan baik. Prosiding ini merupakan kumpulan makalah yang telah dipresentasikan dan didiskusikan dalam Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM Universitas Riau) pada tanggal 21 Agustus 2019 di Pekanbaru, dengan tema Dampak Nyata Pengabdian Perguruan Tinggi Membangun Negeri.

Prosiding ini disusun untuk mendokumentasikan gagasan dan hasil pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pemberdayaan masyarakat yang dikelompokkan ke dalam 6 sub tema, yaitu Ekonomi dan Sosial Budaya, Kesehatan, Komunikasi, Lingkungan Hidup, Teknologi Tepat Guna, Pendidikan. Prosiding ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pemberdayaan masyarakat berkelanjutan di masa yang akan datang. Dengan demikian hasil pengabdian dalam prosiding ini dapat dijadikan sebagai rujukan dan memotivasi terwujudnya pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan membawa kesejahteraan. Prosiding ini terdiri dari hasil pengabdian dari 20 Perguruan Tinggi dan Institusi di Indonesia yaitu, Universitas Riau, STMIK Amik Riau, Politeknik Caltex Riau, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Universitas Samudera Meurandeh Langsa Aceh, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, STKIP PGRI Sumatera Barat, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Universitas Jambi, Mangrove Research Institue, Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Serat Tanaman Hutan, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Universitas Negeri Manado.

Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, untuk itu dengan segala kerendahan hati, kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:

  1. Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA.
  2. Ketua LPPM Universitas Riau, Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE, MP yang telah mengarahkan kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik.
  3. Seluruh pembicara kunci/keynote speaker, Ir. Conrad Hendrarto, MSc (Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Wilayah, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia); Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc (Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia); Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE, MP (Ketua LPPM Universitas Riau sekaligus Ketua Forum Kuliah Kerja Nyata Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat).
  4. Bapak/Ibu peserta seminar nasional yang telah menyumbangkan artikel hasil pengabdian dalam kegiatan seminar nasional ini.

Kami menyadari masih terdapat kekurangan dan kelemahan pada prosiding ini, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati. Akhir kata kami berharap prosiding ini bermanfaat bagi seluruh pihak yang terkait.

Pekanbaru, September 2019

Ketua Panitia,

Dr. Roza Elvyra, M.Si

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-13
How to Cite
Elvyra, R. (2019). Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2019. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, i. Retrieved from http://conference.unri.ac.id/index.php/unricsce/article/view/60