Pengenalan cara membuat sabun colek kepada masyarakat Desa Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar

  • Desi Heltina Fakultas Teknik, Universitas Riau
  • Drastinawati Drastinawati Fakultas Teknik, Universitas Riau
  • Chairul Chairul Fakultas Teknik, Universitas Riau
  • Mery Sukmiwati Fakultas Teknik, Universitas Riau

Abstract

Kebutuhan masyarakat meliputi sandang, pangan dan papan. Kebutuhan sandang dan pangan tidak terlepas dari proses pembersihan dan pencucian. Salah satu bahan yang digunakan untuk proses pencucian adalah sabun. Sabun colek banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga karena bentuk sabun yang lembek, tidak basah, tidak kering sehingga mempermudah penggunaannya, yaitu mudah ditakar dan mudah digunakan untuk bagian-bagian yang sulit pada pakaian berkerah dan lipatan lengan. Untuk itu sabun colek menjadi alternatif dalam pemilihan jenis sabun. Jika sabun colek ini dapat dibuat sendiri maka akan dapat menghemat pengeluaran keuangan dan akan menjadi peluang usaha untuk masyarakat dalam upaya meningkatkan kemampuan wirausaha dalam memproduksi sabun sendiri pada skala kecil dan menengah untuk dijual ke Pasaran. Kegiatan pembuatan sabun ini akan dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang ilmu dan teknologi serta dapat menambah pengetahuan tentang kewirausahaan. Pengabdian ini direncanakan dilaksanakan pada kelurahan Pulau Payung kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Kegiatan dilakukan dengan metode dalam bentuk penyuluhan yaitu mengenalkan cara pembuatan sabun colek dengan metode ceramah, diskusi dan melakukan demonstrasi/praktek pembuatan sabun colek. Kegiatan ini juga mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memproduksi barang kebutuhan sehari hari untuk menghemat pengeluaran masyarakat dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Munjiati, M., R. Hasnah, dan Fajarwati. 2016. Kewirausahaan untuk Program Strata 1. LP3M UMY, Percetakan Muhammadiyah Gramasurya.

Naomi, P., A. M. Gaol, & M. Y. Toha. 2013. Pembuatan Sabun Lunak dari Minyak Goreng Bekas Ditinjau dari Kinetika Reaksi Kimia. Jurnal Teknik Kimia 19(2): 42-48.

Permono, A. 2001. Membuat sabun colek. Buku seri industri rumah tangga. Penerbit Swadaya.

Published
2019-09-27
How to Cite
Heltina, D., Drastinawati, D., Chairul, C., & Sukmiwati, M. (2019). Pengenalan cara membuat sabun colek kepada masyarakat Desa Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 219-222. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.219-222