Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2021

Pengembangan Inovasi dan Teknologi Melalui Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat untuk Kebangkitan Ekonomi Menuju Masyarakat Mandiri di Masa New Normal

  • Neni Hermita Universitas Riau
Keywords: snmp2021

Abstract

Puji dan syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, Prosiding ini dapat diselesaikan dengan baik. Prosiding ini merupakan kumpulan makalah yang telah dipresentasikan dan didiskusikan dalam Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM Universitas Riau) pada tanggal 18 November 2021 di Pekanbaru, dengan tema Pengembangan Inovasi dan Teknologi Melalui Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat untuk Kebangkitan Ekonomi Menuju Masyarakat Mandiri di Masa New Normal.

Prosiding ini disusun untuk mendokumentasikan gagasan dan hasil pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pemberdayaan masyarakat yang dikelompokkan ke dalam 6 sub tema, yaitu Penerapan inovasi dan teknologi dalam pengabdian masyarakat, Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan potensi desa, Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran daring, Pemanfaatan sistem informasi geospasial dalam pemberdayaan masyarakat, Pemberdayaan masyarakat pada era new normal, Pencegahan dan pengendalian Covid 19 di masyarakat. Prosiding ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pemberdayaan masyarakat berkelanjutan di masa yang akan datang. Dengan demikian hasil pengabdian dalam prosiding ini dapat dijadikan sebagai rujukan dan memotivasi terwujudnya pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan membawa kesejahteraan. Prosiding ini terdiri dari hasil pengabdian dari 31 Perguruan Tinggi dan Institusi di Indonesia yaitu, Universitas Riau, Universitas Muhammadiyah Bone, STKIP Muhammadiyah Bone, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, Universitas Suryakancana, Universitas Negeri Malang, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Ahli Usaha Perikanan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Kristen Duta Wacana, Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara, Universitas Andalas, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Semarang, Universitas Siliwangi, Universitas Sebelas Maret, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Lampung, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Bengkulu, Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Bogor, Universitas Alma Ata, Universitas Jember, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Pekanbaru.

Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, untuk itu dengan segala kerendahan hati, kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:

  1. Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, Sc.
  2. Ketua LPPM Universitas Riau, Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE, MP yang telah mengarahkan kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik.
  3. Seluruh pembicara kunci/keynote speaker, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng ( Dirjen Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia); Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, BA., MBA (Menteri Pariwisata, Ekonomi Kreatif Republik Indonesia); Yurnalis, S. Sos, M. Si (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Riau); dan Dr. Roza Elvyra, SSi., MSi (Masyarakat Iktiologi Indonesia).
  4. Bapak/Ibu peserta seminar nasional yang telah menyumbangkan artikel hasil pengabdian dalam kegiatan seminar nasional ini.

Kami menyadari masih terdapat kekurangan dan kelemahan pada prosiding ini, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati. Akhir kata kami berharap prosiding ini bermanfaat bagi seluruh pihak yang terkait.

 

Pekanbaru, November 2021

Ketua Panitia,

 

 Dr. Neni Hermita, SPd., MPd

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-14
How to Cite
Hermita, N. (2022). Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2021. Unri Conference Series: Community Engagement, 3. Retrieved from https://conference.unri.ac.id/index.php/unricsce/article/view/341

Most read articles by the same author(s)