Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) di Kabupaten Kampar

  • Shorea Khaswarina Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau
  • Yeni Kusumawaty Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau
  • Eliza Eliza Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau
Keywords: efisiensi, saluran pemasaran, bokar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran yang paling efisien yang digunakan oleh petani karet di lokasi penelitian dan untuk mengetahui besarnya nilai keuntungan masing-masing lembaga pemasaran pada setiap saluran pemasaran. Metode penelitian untuk melihat efisiensi pemasaran digunakan analisis margin pemasaran, farmer’s share, dan Profitability Index. Penentuan responden dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 84 orang, yaitu petani karet 75 orang dan pedagang perantara 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran paling efisien berdasarkan nilai marjin pemasaran, farmer’s share dan tingkat keuntungan (profitability index) yang diperoleh terdapat pada saluran pemasaran III di Desa Ridan, dengan nilai keuntungan pemasaran sebesar Rp. 1.037,5 margin pemasaran sebesar Rp.1.905 dan nilai farmer’s share sebesar 77,91% dengan efisiensi pemasaran 20,19%.

References

Azzaino, Z. 1991. Pengantar Pemasaran Pertanian. Departemen Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Institut Pertanian Bogor. Bogor.

BPS Kabupaten Kampar. 2017. Kabupaten Kampar. Riau

Downey, W., dan Erickson. 1989. Manajemen Agribisnis (terjemahan Ir. Rochidayat Ganda S dan Alfonsus Sirait), Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Gitosudarmo, I. 1994. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kotler, P., dan G. Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Maulidi, Sitorus, dan Mahdi, 1992. Analisa Pemasaran Jahe Gajah di Daerah Sentra Produksi Sumatera Utara. Bogor: Balai penelitian Tanaman Rempah dan Obat.

Mubyarto. 1985. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Lembaga Pertanian, Pendidikan dan Penerangan Sosial Ekonomi (LP3ES).

Soekartawi. 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Teori dan Aplikasinya. Bogor: Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. 2002. Prinsip Ekonomi Pertanian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudiyono. 2001. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-01-30
How to Cite
Khaswarina, S., Kusumawaty, Y. and Eliza, E. (2019) “Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Bahan Olahan Karet Rakyat (Bokar) di Kabupaten Kampar”, Unri Conference Series: Agriculture and Food Security, 1, pp. 88-97. doi: 10.31258/unricsagr.1a12.