Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2020

Penerapan inovasi dan teknologi pada kegiatan pemberdayaan masyarakat dan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia

  • Arifudin Arifudin Universitas Riau

Abstract

Puji dan syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, Prosiding ini dapat diselesaikan dengan baik. Prosiding ini merupakan kumpulan makalah yang telah dipresentasikan dan didiskusikan dalam Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM Universitas Riau) pada tanggal 19 November 2020 di Pekanbaru, dengan tema Penerapan inovasi dan teknologi pada kegiatan pemberdayaan masyarakat dan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

 

Prosiding ini disusun untuk mendokumentasikan gagasan dan hasil pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pemberdayaan masyarakat yang dikelompokkan ke dalam 6 sub tema, yaitu Penerapan inovasi dan teknologi dalam pengabdian masyarakat, Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan potensi desa, Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran daring, Pemanfaatan sistem informasi geospasial dalam pemberdayaan masyarakat, Pemberdayaan masyarakat pada era new normal, Pencegahan dan pengendalian covid 19 di masyarakat. Prosiding ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pemberdayaan masyarakat berkelanjutan di masa yang akan datang. Dengan demikian hasil pengabdian dalam prosiding ini dapat dijadikan sebagai rujukan dan memotivasi terwujudnya pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan membawa kesejahteraan. Prosiding ini terdiri dari hasil pengabdian dari 22 Perguruan Tinggi dan Institusi di Indonesia yaitu, Universitas Riau, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Lancang Kuning, Balai Litbang Teknologi Serat Tanaman Hutan Riau, BP2TSTH - BLI KLHK, Politeknik Caltex Riau, Politeknik Negeri Bengkalis, Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Budi Luhur, Universitas Sebelas Maret, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Palangka Raya, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Hasanuddin.

Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, untuk itu dengan segala kerendahan hati, kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:

  1. Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, Sc.
  2. Ketua LPPM Universitas Riau, Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE, MP yang telah mengarahkan kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik.
  3. Seluruh pembicara kunci/keynote speaker, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D (Menteri Ristek / BRIN Republik Indonesia); Letnan Jendral TNI Doni Monardo ( Kepala BNPB / Ketua Gugus Tugas Covid 19 Republik Indonesia); Drs. Teten Masduki (Menteri UKM dan Koperasi Republik Indonesia); Drs. Syamsuar, M.Si (Gubernur Riau); dan Dr. Emilda Firdaus, SH., MH (Sekretaris LPPM Universitas Riau).
  4. Bapak/Ibu peserta seminar nasional yang telah menyumbangkan artikel hasil pengabdian dalam kegiatan seminar nasional ini.

Kami menyadari masih terdapat kekurangan dan kelemahan pada prosiding ini, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati. Akhir kata kami berharap prosiding ini bermanfaat bagi seluruh pihak yang terkait.

 

Pekanbaru, November 2020

Ketua Panitia,

  

Dr. Arifudin, SP., MP

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-30
How to Cite
Arifudin, A. (2020). Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat 2020. Unri Conference Series: Community Engagement, 2. https://doi.org/10.31258/unricsce.2.%p

Most read articles by the same author(s)